Jangan Berhenti Ambil Listrik Gratis Dari Tenaga Surya

Posted on Minggu, 23 Maret 2014

Listrik gratis merupakan dambaan banyak orang. Sumber gratisnya energi sudah banyak diungkap banyak orang. Orang-orang pun saking seringnya bicara terkadang malah bosan membicarakannya lagi.
Mengapa?

Banyak orang membicarakan tentang matahari atau surya sebagai sumber energi yang gratis serta melimpah. Tinggal diambil oleh manusia. Dan manusia pun berhak memanfaatkannya sebagai sumber pasokan listrik. Banyak orang sampai (mungkin) bosan menyebut surya sebagai sumber energi, sebab, seakan tak ada kemajuan berarti di bidang ini. Bukan teknologinya yang tak bisa maju. Tapi penerapan di lapangan sangat lamban perkembangannya. Belum banyak orang, maupun badan hukum atau pemerintah menggelontorkan dana untuk menjadikan surya sebagai sumber listrik utama.
Tapi bangsa Indonesia tak boleh pesimis. Kita harus yakin bangsa ini akan lambat laun menyadari akan pentingnya membangun kantong-kantong energi dari sang surya.

Berikut ini contoh pembangkit listrik tenaga surya yang telah dikembangkan di Indonesia:
  1. Yang terbaru di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonogiri, kementerian koordinator bidang kesejahteraan rakyat (kemenko kesra) baru-baru ini, Februari 2014, memberikan hibah pembangkit listrik tenaga surya kepada Wonogiri.
  2. Desa Pantai Cermin dan Sei Belutu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara mendapat bantuan panel surya sejumlah 100 unit dari Kemenko Kesra pada 9 Maret 2014.
  3. Pada Desember 2013 lalu, PLTS di kabupaten Sumba Timur NTT telah resmi dimanfaatkan oleh 112 kepala keluarga. Bertempat di desa Salura kecamatan Karera, PLTS ini memiliki kapasitas terpasang 150 kWp, masih memungkinkan untuk dinikmati oleh pelanggan baru dan kalangan usaha mikro setempat yang ingin menambah dayanya. PLTS Salura dikelola oleh PLN Cabang Sumba. Menurut catatan PLN pada bulan tersebut, dengan berdirinya PLTS Salura ditunjang dengan adanya PLTMH sekitar, maka kebutuhan listrik di pulau Sumba mayoritas dibangkitkan dari energi baru/terbarukan (EBT), yakni sebesar 55 persen.
Inilah foto PLTS Salura,

sumber foto:  http://maxfmwaingapu.com

Lantas masihkah program dari pemerintah untuk mengambil energi listrik gratis dari sang surya selanjutnya? Kita tunggu gebrakan-gebrakannya!
Listrik Gratis bisa,
Listrik Murah juga bisa,
dari Energi Surya! :)

Tidak ada komentar:

Cari lebih lanjut

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Blog BukuEnergi merupakan blog pribadi dan ditulis oleh Firdaus Hanif, S.T. Blog ini diharapkan menambah wawasan bagi penulis sendiri khususnya, dan pengunjung pada umumnya. Karena kegemarannya pada tema-tema energi, maka penulis sengaja menghadirkan blog ini untuk Anda, tentu saja dalam tujuan untuk belajar bersama, dan bukan "menggurui". Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan. Terimakasih. Selamat membaca, dan mari budayakan menulis!